Yuk, Kenali Tipe-Tipe Cat Tembok dan Fungsinya

Inilah Tipe-Tipe Cat Tembok beserta Fungsinya

Cat tembok memiliki peran penting dalam menciptakan suasana atau kesan tersendiri pada setiap ruang di rumah Anda. Bukan saja untuk mempercantik rumah tapi juga melindunginya dari berbagai masalah, seperti kebocoran, retak rambut, dan lain sebagainya. Penggunaan cat pun harus disesuaikan dengan kebutuhan sehingga terciptalah beragam tipe cat yang sekarang ini akan kita ulas bersama.

  1. Cat Polyurethane

Tipe cat tembok kamar ini memiliki karakter yang berbeda, yaitu transparan sehingga akan menghasilkan sifat glossy yang tinggi pada permukaan halus. Bahkan, permukaannya bisa tahan gores sehingga dapat melindungi permukaan dengan tembok.

  1. Cat Alkyd Syntetic

Tipe cat ini memiliki daya kilap atau glossy yang cukup tinggi sehingga cocok untuk eksterior maupun interior yang ingin menampilkan sisi glamour atau mewah. Kelebihan dari cat tipe ini adalah anti jamur dan tahan terhadap berbagai cuaca. Biasanya, cat tembok rumah ini diaplikasikan pada besi dan kayu.

  1. Wall Sealer

Tipe cat ini sering digunakan sebagai cat dasar untuk menutupi pori-pori permukaan tembok plesteran yang baru dipasang. Permukaan akan menjadi lebih halus dan cat yang akan diaplikasikan berikutnya bisa lebih melekat pada dinding plesteran.

  1. Zinc Chromate Primer

Seperti pada namanya, tipe cat ini mengandung bahan zinc chromate yang berguna untuk mencegah terjadinya pengkaratan pada logam. Hal ini dikarenakan tipe cat ini sering diaplikasikan pada pengecatan besi, logam, seng ataupun jenis logam lainnya.

  1. Cat Duco

Tipe cat ini mungkin lebih familier dibandingkan tipe lainnya karena termasuk dalam cat dempul yang berguna sebagai cat dasar penutup permukaan logam atau kayu sehingga permukaan menjadi lebih rapat. Pengerjaan yang tepat memungkinkan kita mendapatkan permukaan yang halus.

  1. Cat Emulsi Styrene Acrylic

Campuran akrilik yang ada di dalamnya membuat cat ini memiliki glossy yang tinggi. Banyak orang yang menggunakan cat tembok ini untuk keperluan interior ataupun eksterior agar tahan terhadap berbagai musim ataupun jamur. Umumnya, cat ini diaplikasikan pada permukaan batako, beton, plesteran, tripleks, asbes dan hardboard.

  1. Cat Melamic

Cat yang terbuat dari alkyd dan resin amino sering diaplikasikan pada permukaan kayu untuk mendapatkan permukaan yang rata, halus dan tahan goresan. Sifat kilap yang dimilikinya juga mampu mempercantik kayu interior sebagai bagian dari rumah Anda.

  1. Cat Epoxy

Cat dasar dan memiliki daya ikat yang kuat ini sering digunakan sebagai penutup permukaan sebelum pengecatan selanjutnya. Cat tembok rumah tipe ini sering dijumpai dengan berbagai bentuk, mulai dari dempul epoxy, lem epoxy dan epoxy injection yang diaplikasikan pada beton ataupun logam.

  1. Cat Remover

Cat emulsi dari bahan kimia ini mampu mengelupaskan atau merontokkan cat tembok kamar lama yang sudah menempel pada dinding.

  1. Cat Stoving

Sering kali cat ini digunakan untuk finishing logam. Hasil yang lebih maksimal bisa Anda dapatkan dengan sistem oven dalam pelaksanaannya. Umumnya, cat ini diaplikasikan pada tabung, barang elektronik dan lainnya.

  1. Cat Thermoplastic

Jika Anda melihat cat yang ada di marka jalan, maka tipe cat inilah yang digunakan.

Setiap tipe cat memiliki fungsi yang berbeda sehingga kita harus bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Kini, tinggal memilih merek cat tembok yang cocok dengan selera Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *